Suplemen dan Macam-Macam Vitamin

Vitamin dan Mineral mudah ditemukan dalam bentuk sediaan multivitamin dan suplemen yang dapat dengan mudah didapatkan dari apotek dan toko obat lainnya. Persediaan multivitamin dan suplemen bagi tubuh termasuk obat bebas atau obat OTC yang dapat diperoleh tanpa resep dari dokter.

Penggunaannya pun tanpa aturan khusus, karena tidak mempunyai efek samping yang signifikan. Namun penggunaan vitamin dan mineral harus diperhatikan. Pada dosis yang lazim itu akan sangat berguna bagi tubuh, jika sebaliknya pada dosis yang tinggi akan mengganggu kestabilan tubuh, yang akan membuat suatu efek yang sama sekali tidak diinginkan.

Penggunaan vitamin dan minteral relative aman walaupun digunakan secara teratur, akan tetapi dalam beberapa situasi, penggunaan multivitamin dan suplemen sebaiknya diperhatikan, salah satunya apabila vitamin danmineral diberikan bersamaan dengan obat yang penghilang sakit lainnya. Vitamin dan mineral bisa berinteraksi dengna beberapa obat, maka dari itu tenaga perobatan harus mengetahui interaksi obat dan sebaiknya melakukan konseling terhadap pasien, mengingat vitamin dan mineral bisa dibeli dengan bebas di apotek dan toko obat. Pengetahuan terhadap interaksi obat ini tidak pula menyebabkan over-reacting atau paranoid vitamin pula dapat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit. Kelebihan dari vitamin pula dapat mengatasi berbagai penyakit

Vitamin A

Vitamin A berinteraksi dengan produk yang memiliki senyawa retinoid (senyawa kimianya menyerupai vitamin A). Retinoid terdiri atas isotretinoin dan acitretin, yang biasa digunakan pada obat jerawat dan obat psoriasis. Jadi bila ada pasien mendapat resep yang isinya mengandung retinoid, pharmacist harus menyarankan pasien itu untuk menghindari penggunaan vitamin A. Karena dapat meningkatkan toksisitas vitamin A, pharmamcist juga sebaiknya memberitaukan gejala toksisitas vitamin A terhadap pasien seperti mual, munta, pusing, penglihatan terganggu.

Vitamin B6

Vitamin ini biasa disebut dengan pyridoxine yang merupakan vitamin larut dalam air, yang dipakai dalam penanganan defisiensi vitamin B6 dan beberapa kasus anemia. Piridoksin dapat melemahkan efek obat dari fenitoin dan levedopa. Efek tersebut tidak terlihat jika levedopa diresepkan kombinasi dengan cabidopa. Kombinasi levedopa dan carbidopa dapat mencegah interaksi tersebut. Bila pasien mendapat resep levedopa tanpa kombinasi dengan carbidopa, maka pharmacist seharusnya memberi peringatan terhadap pasien tersebut untuk tidak mengkonsumsi vitamin B6 atau produk lain yang mengandung vitamin B6. Hal tersebut disebabkan vitamin B6 pada dosis kecil (sekitar 10-25 mg vitamin B6) cukup untuk mencegah aktivitas levedopa.

Vitamin E

adalah vitamin yang larut pada lemak, vitamin ini biasanya dipakai pada penanganan defisiensi vitamin E, atherosclerosis, penyakit alzeimer dan kanker. Vitamin tersebut juga merupakan suplemen yang dapat diberikan pada pasien dengan cardiovascular

Vitamin K

Vitamin berinteraksi dengan warfarin, ketikan warfarin dan vitamin k diberikan secara bersamaan, efektivitas warvarin menurun. Hal tersebut bisa meningkatkan resiko pada pasien yang mendapatkan terapi suboptimal antikoagulan, hal ini bisa memicu tromboembolic pada pasien dengan deep vanous thrombosis, pulmonary embolism, myocardial infarction atau stroke. Vitamin ini terdapat pada sayuran hijau seperti kangkung, bayam, brokoli dan semua sayuran hijau lainnya.

Niasin

Niasin biasanya dipakai untuk treatment hyperlipidemia dan pellagra. pasien yang menderita hiperlipidemia melakukan pengobatan sendiri dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung niasin.

Asam Folat

Selalu digunakan untuk menangani dan mencegah defisiensi asam folat. Suplemen asam folat biasanya disarankan selama pengobatan methotrexate sebagai propilaksis keracunan di setiap pasien penderita rheumatoid dan psoriasis. Dalam beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa suplemen asam folat dapat menurunkan toksisitas methotrexate

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s