Iritasi Kulit dan Cara Pencegahannya

Dermatitis adalah peradangan kulit (epidermis dan dermis) sebagai respon terhadap pengaruh faktor eksogen dan atau faktor endogen. Dermatitis kontak adalah reaksi fisiologik yang terjadi pada kulit yang disebabkan kontak dengan substansi tertentu, dimana sebagian besar dari reaksi tersebut dikarenakan oleh iritan kulit dan sisanya oleh alergen (alergi) yang merangsang reaksi alergi. Dermatitis kontak iritan adalah inflamasi pada kulit yang bermanifestasi sebagai eritema, edema ringan dan pecah-pecah.
Istilah dermatitis kontak iritan atau iritasi menunjukan suatu reaksi yang berubah terhadap suata bahan tertentu yang tidak melibatkan sistem imun tubuh bisa terjadi disetiap orang, ada beberapa faktor yang memegang peranan seperti keadaan permukaan kulit, lamanya bahan yang saling bersentuhan dengan kulit, umur pasien, oklusi dan konsentrasi dari bahan. Gejalanya biasa muncul kemerahan dan berair pada kulit, disertai rasa gatal dan panas. Dermatitis kontak iritan ini dapat terjadi akibat pemakaian kosmetik, apalagi yang mempunyai kandungan bahan yang bersifat asam, basa dan abrasif.

Berikut adalah hal yang dapat menimbulkan iritasi:

  • Reaksi kulit terhadap bahan pengawet

Reaksi kulit terhadap bahan pengawet yang terdapat didalam kosmetik dan produk kecantikan lainnya. Tanda-tandanya kulit kering, bersisik, merah, melepuh sampai basah atau retak-retaknya kulit. Secara umum reaksi tersebut disertai dengan rasa terbakar dan gatal. Reaksi tersebut dapat timbul sebagai urtika atau kadang-kadang berupa pembengkakan lokal. Biasanya terjadi pada orang yang baru pertama kali memakai produk kecantikan.

  • Reaksi Kulit terhadap sabun dan detergen

Reaksi kulit ini timbul yang disebabkan oleh lebihnya takaran sabun atau detergen yang digunakan. Untuk menghindarinya sesuaikan takaran pemakaian sabun atau detergen yang digunakan.

  • Reaksi kulit terhadap memilih kosmetik

reaksi tersebut dikarenakan kulit sensitif dan cepat sekali memberikan reaksi iritasi jika salah dalam merawatnya. Biasanya iritasi tersebut timbul akibat ketidaksesuaian kulit kita pada produk kecantikan atau kosmetik yang kita gunakan.

Cara mencegah iritasi kulit :

  1. Tersenyum, karena tersenyum dapat membuka titik saraf kita yang membuat aura wajah kita cerah dan bersinar
  2. Masker buah, buah mengandung banyak protein bagi kulit kita.
  3. Makan Jambu Biji, karena betakarotin dalam jambu biji dapat membuat kulit kita selalu cerah.

Rawat lah kulit anda , karena merawat kulit anda akan menambah kepercayaan diri anda dalam melakukan berbagai macam aktivitas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s